Berita

HNW: Parlemen Indonesia  Membuat Sejarah, Dulu Pernah Menjadi Presiden Parlemen OKI

Rabu, 07 Desember 2022 - 10:01
HNW: Parlemen Indonesia  Membuat Sejarah, Dulu Pernah Menjadi Presiden Parlemen OKI Hidayat Nur Wahid saat menjadi Pembicara Kunci pada Focus Group Discussion (FGD),  kerjasama MPR RI dengan Center for Indonesian Reform. (Foto: dok MPR RI)

TIMES TEMANGGUNG, JAKARTA – Kembali Pimpinan MPR RI menggelar diskusi untuk operasionalkan Forum MPR sedunia diawali dengan kebersamaan dengan forum di Persatuan Parlemen OKI. 

“Maka dalam rangka melaksanakan  cita-cita kemerdekaan Indonesia melalui diplomasi parlemen, tahun 2011,  saat saya diamanahkan menjadi Ketua BKSAP DPRRI (Badan Kerjasama Antar Parlemen), saya memimpin pemenangan Parlemen (DPR) RI, mengalahkan parlemen Iran, untuk terpilih sebagai presiden parlemen OKI, tahun 2011-2012. Ini adalah sejarah baru, melalui DPR ternyata Indonesia bisa menjadi presiden parlemen OKI. Semoga saja, ini bisa menjadi inspirasi bagi kita dalam memaknai  lahirnya Forum Parlemen yang baru yaitu Forum Majelis Syura bersama Forum2 yang lainnya di lingkungan Parlemen OKI, sebagai kelanjutan peran mensejarah dari Parlemen Indonesia, kali ini peran itu ditorehkan oleh MPRRI, di mana saya juga diamanahkan menjadi ketua steering committee dan memimpin sidang-sidangnya,” kata Wakil Ketua MPR RI  Hidayat Nur Wahid.

Pernyataan itu disampaikan Hidayat Nur Wahid saat menjadi Pembicara Kunci pada Focus Group Discussion (FGD),  kerjasama MPR RI dengan Center for Indonesian Reform. Tema yang dibahas dalam kegiatan, itu adalah, Tindak Lanjut Dan Operasionalisasi Pembentukan Forum   Majelis Syura dan MPR Se Dunia”.

Hidayat-Nur-Wahid-2.jpg

Acara tersebut berlangsung di Ruang GBHN, Gedung Nusantara V Komplek MPR DPR RI, Selasa (6/12/2022). Ikut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI  Dr. H. Mardani Ali Sera, M.Eng. 

Tiga pemakalah turut menyampaikan pemikirannya, membahas tema FGD. Ketiganya adalah, Idris Hemay, MSc. (Direktur CSRC UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta),  Prof. Dr. Sudarnoto (Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri) serta  Dr. Asep I (Ketua Program Magister Ilmu Politik UMJ). 

Menindak lanjuti Deklarasi Bandung sebagai hasil Forum Mejelis Syura dunia, yang digelar pada 24-26 Oktober 2022, Hidayat berharap mendapat masukan dari berbagai kalangan untuk melaksanakan point 5 dari Deklarasi Bandung yaitu menyiapkan visi misi,  tata tertib, aturan hingga keanggotaan forum MPR dunia, sebelum melakukan pertemuan dengan para pendiri forum MPR dunia beserta Sekretariat Jendral parlemen negara-negara anggota OKI. 

“Melanjutkan Deklarasi Bandung, saya berharap bisa mendapat masukan untuk  mempersiapkan visi misi,  tata tertib, aturan keanggotaan forum MPR dunia, sebelum di bawa ke tim kerja Forum Majelis Syura Dunia dalam persidangan Persatuan Parlemen OKI. Sebagai respons parleme  Indonesia atas dukungan pembentukan Forum, dan agar Forum tersebut dapat dioperssionalkan untuk mewujudkan kesepakatan bersama hadirkan Forum antara Pimpinan Parlemen dari 15 Negara OKI dan Sekjend Parlemen OKI. Agar diplomasi parlemen bisa dikuatkan dengan hadirnya Forum ini, untuk ikut dalam menghadirkan ketertiban dunia, kemerdekaan Palestina dg ibukotanya Jerusalem (Timur), masalah peran Perempuan, generasi muda, SDA, keadilan dan berbagai hal lain yang disepakati. Agar forum ini juga bisa menjadi awal menuju terbentuknya forum yang lebih luas dan terbuka pada tingkat mendunia”pungkas Hidayat. 

Sebelumnya Wakil Ketua  Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI  Dr. H. Mardani Ali Sera, M. Eng., menyampaikan tiga pemikiran yang berpeluang menjadi pemantik kerjasama sekaligus perekat  Forum MPR Dunia. Ketiga pemikran itu adalah, kerjasama dan jaringan ilmuan serta  ulama.  Kolaborasi inovasi dan research. Serta Kerjasama UMKM, khususnya zakat

“Semua umat Islam  suka berzakat. Kalau  Parlemen bisa berperan untuk adanya kesatuan kerjasama zakat dunia khususnya antar lembaga zakat sedunia, ini bisa menjadi  modal dasar yang sangat besar membangun kekuatan ekonomi umat, untuk hadirkan Islam yang rahmatan lil alamin,” kata Mardani menambahkan. (*)

Pewarta :
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.