https://temanggung.times.co.id/
Berita

Kementerian PUPR RI: Penanganan Jalan Pantura Demak-Kudus Selesai H-10 Mudik Lebaran 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:00
Kementerian PUPR RI: Penanganan Jalan Pantura Demak-Kudus Selesai H-10 Mudik Lebaran 2024 Ilustrasi penanganan jalan Pantura Demak-Kudus pasca banjir (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES TEMANGGUNG, SEMARANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) telah melakukan penanganan pasca banjir di ruas Simpang Tiga Trengguli–Batas Demak/Kudus yaitu pembersihan jalan dari sampah sisa banjir, pembersihan sisa aspal yang rusak, perbaikan lubang, dan akan dilanjutkan overlay.

Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR RI, Wida Nurfaida saat mendampingi Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Semarang, Rabu (27/3/2024) mengatakan lalu lintas dari arah Kudus menuju Semarang dapat melalui jalur ini mulai hari Rabu, 27 Maret 2024. Sedangkan arus lalu lintas dari arah Semarang menuju Kudus untuk sementara masih diarahkan melalui jalur alternatif. Lalu lintas di ruas ini ditargetkan normal untuk dua lajur/arah pada 31 Maret 2024.

“Kondisi jalan nasional pasca banjir cukup ekstrim di Demak/Kudus ini tentunya akan mempengaruhi tingkat kemantapan jalan nasional di Provinsi Jawa Tengah. Namun demikian saat ini Balai tengah dilakukan pembersihan dan perbaikan. Diharapkan Kudus arah Semarang H-14 bisa diselesaikan dan Semarang ke arah Kudus selesai H-10 karena kondisi yang harus dilakukan perbaikan lebih panjang” ujar Dirhen Bina Marga Kementerian PUPR RI.

jalan-Pantura-2.jpg

Terkait penanganan jalan nasional pasca banjir yang dilakukan Kementerian PUPR RI ini, Komisi V DPR RI mengharapkan perbaikan jalan nasional jangan sampai menganggu arus mudik/balik Lebaran 2024. Kemantapan jalan nasional dan pemenuhan standar pelayan minimal pada jalan tol termasuk rest area juga menjadi perhatian Tim Kunker Komisi V DPR RI yang dipimpin oleh Ridwan Bae.

Berdasarkan data semester II Tahun 2023 kemantapan jalan di Provinsi Jawa Tengah mencapai 96,73%. Komisi V DPR RI berharap angka ini bisa ditingkatkan mengingat Provinsi Jawa Tengah menjadi lintasan utama pergerakan masyarakat terutama saat mudik Lebaran.

“Prioritas utama saat arus mudik/balik Lebaran adalah keselamatan, keamanan dan pelayanan prima yang diberikan negara ke masyarakat. Oleh karenanya kami berharap Kementerian PUPR terus melakukan upaya-upaya preventif guna kelancaran Mudik Lebaran 2024” tegas Ridwan Bae.

Untuk mendukung arus mudik Lebaran 2024 di Provinsi Jawa Tengah, Kementerian PUPR RI akan mempersiapkan Jalan tol Solo-Yogya-NYIA Kulonprogo seksi Colomadu-Klaten sepanjang 22,3 km yang akan difungsionalkan. “Pada periode Lebaran tahun ini, terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai dengan Inter Change Klaten yang tersambung ke jalan Provinsi Jatinom-Klaten kemudian ke jalan Nasional Yogya-Solo” ujar Sekretaris BPJT Apri Artoto pada kesempatan yang sama. Namun demikian untuk pemberlakuan jalan tol fungsional ini sifatnya situasional mempertimbangkan pergerakan kendaraan. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.