Berita

Artidjo Alkostar Wafat, KH Robikin Emhas: Beliau Pembela Keadilan

Minggu, 28 Februari 2021 - 20:19
Artidjo Alkostar Wafat, KH Robikin Emhas: Beliau Pembela Keadilan Mantan Hakim Agung Artidjo Alkosta. (Foto: Dok. KPK)

TIMES TEMANGGUNG, JAKARTA – Ketua PBNU KH Robikin Emhas turut merasa sangat kehilangan atas meninggalnya mantan Hakim Agung, Artidjo Alkostar. Ketika masih aktif menjadi praktisi hukum, ia mengaku mengenal baik sosok almarhum.

"Saya mengenal beliau dengan baik sewaktu sama-sama masih menjadi praktisi hukum sebagai advokat dan pembela umum. Tanpa mengurangi keikhlasan hati terhadap takdir, saya sangat berduka atas wafatnya beliau," ucap KH Robikin Emhas, Minggu (28/2/2021).

Ihwal kabar meninggalnya Artidjo disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM Mahfud MD melalui akun twitter resminya. Almarhum saat ini merupakan anggota Dewan Pengawas KPK.

Artidjo adalah salah satu sosok hakim yang dikenal paling ditakuti oleh koruptor saat dirinya masih bertugas di MA. Artidjo disebut sering memberi "hadiah" berupa hukuman tambahan untuk para koruptor yang mencoba mendapatkan keringanan di tingkat kasasi.

Mereka yang menerima "hadiah" itu antara lain mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, politikus Partai Demokrat Angelina Sondakh, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar, mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Selain itu, ada juga mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, mantan Kakorlantas Polri Irjen Djoko Susilo, mantan Gubernur Riau Annas Maamun, bintara Polri di Papua Labora Sitorus, hingga pengacara OC Kaligis juga mendapat "hadiah" tambahan dari almarhum.

Di mata KH Robikin Emhas, sosok Almarhum bukan saja pembela hukum, namun sekaligus keadilan. Dan juga bukan saja keadilan hukum dalam arti sempit sebagaimana termaktub dalam peraturan perundang-undangan atau hukum tertulis. 

"Tapi pembela dan penegak hukum dan keadilan yang hidup dan berkembang di hati sanubari masyarakat. Selamat kembali pulang, Pak Artidjo Alkostar. Kiranya Allah SWT ridlo atas apa yang Pak Artidjo lakukan di dunia dan memberi tempat terhormat di sisi-Nya," tutur dia. 

"Semoga kami dan anak bangsa lainnya bersedia dan sanggup mengikuti jejakmu, menegakkan hukum dan keadilan tanpa pandang bulu." demikian ucap Ketua PBNU KH Robikin Emhas atas meninggalnya mantan Hakim Agung, Artidjo Alkostar. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.