Berita

[CEK FAKTA] Nomor Telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta

Rabu, 23 Juni 2021 - 08:47
[CEK FAKTA] Nomor Telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta Pesan berantai berisi nomor telepon yang diklaim sebagai nomor Satgas Covid-19 Jakarta.

TIMES TEMANGGUNG, JAKARTA – Beredar nomor telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta yakni 119 atau 081-112-112-119 atau 081-388-376-955. Nomor tersebut tersebar melalui pesan berantai di Whatsapp Group (WAG).

Dalam informasi yang beredar, selain tertera nomor telepon yang diklaim sebagai nomor Satgas Covid-19 Jakarta, juga diselipkan imbauan tentang 3 M dan petunjuk lainnya terkait penanganan covid-19, termasuk mencantumkan situs resmi pemerintah.

Berikut narasi lengkapnya:

Mengingat semakin banyaknya penularan COVID-19, kami berharap kita semua bisa melaksanakan prosedur kesehatan dengan baik: Memakai masker; Menjaga jarak, Mencuci tangan (3M). Jika ada rekan-rekan atau anggota keluarga yang terkena COVID, maka segeralah menghubungi Satuan Tugas (SATGAS) COVID. Mereka nanti yang akan bergerak cepat mencarikan RS bagi Anda, karena mereka memiliki informasi terbaru mengenai tempat isolasi/RS yang kosong, dan semua pengobatan GRATIS karena ditanggung kemenkes RI. Nomor SATGAS COVID  Jakarta adalah 119 atau 081-112-112-119 atau 081-388-376-955. Untuk nomor SATGAS COVID di daerah silahkan mencari di google atau kontak Puskesmas terdekat di tempat masing-masing.

Jika Anda harus ke RS, harap perhatikan hal berikut ini:

-    Jangan menggunakan asuransi pribadi, karena biaya RS untuk perawatan COVID sangat tinggi, sehingga kemungkinan besar pihak asuransi tidak bisa menanggung 100% biayanya.
-    Memberitahukan secara jelas dan pasti kepada pihak RS bahwa biaya penanganan pengobatan agar dilakukan lewat jalur Dana Jaminan Covid/Dana Depkes yang GRATIS.
-    Seluruh biaya pengobatan/perawatan COVID tidak ditanggung oleh BPJS melainkan ditanggung seluruhnya oleh pemerintah, sehingga setiap WNI berhak mendapat bantuan ini walaupun tidak mempunyai BPJS

Bagi pasien OTG atau positip bergejala ringan, bisa melapor ke Puskesmas terdekat dan umumnya pasien diminta untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah atau di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah. Pihak Puskesmas akan memberikan obat serta vitamin yang dibutuhkan dan memantau selama isoman. Setelah 14 hari pasien akan diminta untuk PCR kembali. Bila masih positip dan bergejala ringan, maka tetap diminta isoman dan diberikan lagi obat serta vitamin2. Bagi pasien positip dan bergejala sedang/berat maka Puskesmas akan merujuk pasien ke RS untuk dirawat inap. 

Bagaimana jika Anda mengalami kesulitan untuk melakukan PCR karena harganya yang mahal? Pihak Puskesmas tidak akan langsung melakukan PCR test jika gejala pasien belum jelas. Secara mandiri, kita bisa melihat indikasi gejalanya seperti: batuk, sakit tenggorokan, mual, pegal-pegal, diare, dan hilang rasa/penciuman.  Bila indikasi cukup kuat maka langsung isoman. Jika mengalami demam atau sesak nafas, segeralah menghubungi SATGAS COVID.  Salah satu gejala yang paling sering muncul: kehilangan penciuman, bahkan bau yg sangat tajam saja, tidak bisa bedakan.

Bagi Anda yang mempunyai penyakit bawaan (diabetes, jantung, darah tinggi, dll.) harap melakukan prosedur kesehatan 3 M dengan sangat ketat.

Berikut ini 2 situs resmi:
https://covid19.go.id/
https://covid19.go.id/p/konten/kontak-layanan-kementerianlembaga-untuk-covid-19

cek-fakta-Nomor-Telepon-Satgas-Covid-2.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi nomor telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta merupakan informasi yang salah. 

Hasil penelusuran kami melalui mesin pencari, nomor hotline atau nomor telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta bukan 119 atau 081-112-112-119 atau 081-388-376-955.

Berdasarkan laman resmi Jakarta Tanggap Covid-19, nomor telepon resmi Satgas Covid-19 DKI Jakarta atau Posko Tim Tanggap Covid-19 Dinas Kesehatan DKI Jakarta yang benar adalah 112 atau 081-112-112-112 atau 081-388-376-955.

cek fakta Nomor Telepon Satgas Covid 3Sumber: https://corona.jakarta.go.id/id/contact

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) juga menyatakan bahwa pesan yang mencantumkan nomor telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta yakni 119 atau 081-112-112-119 atau 081-388-376-955 merupakan informasi hoaks.

Pernyataan Kominfo RI tersebut dipublikasikan pada 24 Januari 2021. 

cek fakta Nomor Telepon Satgas Covid 4Sumber: [HOAKS] Nomor Telepon Satgas Covid-19 DKI | Kominfo

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi nomor telepon Satgas Covid-19 DKI Jakarta 119 atau 081-112-112-119 atau 081-388-376-955 adalah keliru.  

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, klaim tersebut masuk dalam kategori Manipulated content (konten manipulasi).

Manipulated content atau konten manipulasi biasanya berisi hasil editan dari informasi yang pernah diterbitkan media-media besar dan kredibel. Gampangnya, konten jenis ini dibentuk dengan cara mengedit konten yang sudah ada dengan tujuan untuk mengecoh publik.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.