Berita

Wapres RI KH Ma'ruf Amin: Sistem Pendidikan Islam Harus Beradaptasi dengan TI

Senin, 01 Maret 2021 - 16:58
Wapres RI KH Ma'ruf Amin: Sistem Pendidikan Islam Harus Beradaptasi dengan TI Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (FOTO: Setwapres)

TIMES TEMANGGUNG, JAKARTAWapres RI KH Ma’ruf Amin mengatakan dakwah dan sistem pendidikan berbasis agama Islam harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi (TI) dalam menyampaikan ajaran Islam jalan tengah di Indonesia.

"Dakwah dan pendidikan harus beradaptasi dan memanfaatkan teknologi informasi. Hal ini bukanlah suatu pilihan tapi sudah menjadi keharusan, karena sudah menjadi bagian dari kebutuhan dasar masyarakat," ujarnya di acara Peringatan Harlah ke-68 Nahdlatul Wathan secara virtual dari Jakarta, Senin (1/3/2021).

Menurut Wakil Kepala Negara, pemanfaatan teknologi informasi dalam penyebaran dakwah dan ajaran agama tersebut dapat membuat ajaran Islam wasathy semakin luas menjangkau masyarakat di berbagai daerah.

"Dengan demikian maka kita dapat lebih memastikan bahwa ajaran Islam sebagai agama yang wasathy lebih mampu menjangkau secara luas dan dapat berkontribusi positif dalam memberikan kesejukan dan kedamaian kepada masyarakat," jelasnya.

Dalam acara tersebut, Wapres menyampaikan pesannya agar Nahdlatul Wathan dapat memperkuat perannya sebagai pusat dakwah wasathiyah, khususnya di kawasan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Selain itu, KH Ma'ruf Amin juga berharap Nahdlatul Wathan dapat terus mengembangkan perannya dalam pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, baik di NTB maupun di seluruh daerah Indonesia.

"Saya juga berharap peran Nahdlatul Wathan sebagai pusat dakwah wasathiyah terus dipertahankan dan diperkuat sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat," ujarnya.

Nahdlatul Wathan merupakan organisasi kemasyarakatan (ormas) berbasis agama Islam yang didirikan di Pancor, Lombok Timur oleh Tuan Guru Kiai Haji (TGKH) Muhammad Zainuddin Abdul Majid pada 1 Maret 1953.

Nahdlatul Wathan mengelola sejumlah lembaga pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi, di wilayah NTB. Para lulusan dari lembaga pendidikan Nahdlatul Wathan tersebut juga berkontribusi dalam pemerintahan dan pembangunan di Indonesia.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pimpinan dan segenap jajaran pengurus Nahdlatul Wathan," demikian tandas Wapres RI KH Ma’ruf Amin. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.