Pendidikan

Mahasiswa UNS Sabet 3 Emas di International Virtual Pencak Silat Championship 2021

Kamis, 20 Mei 2021 - 14:13
Mahasiswa UNS Sabet 3 Emas di International Virtual Pencak Silat Championship 2021 Penampilan peserta International Virtual Pencak Silat Championship 2021 yang digelar di Universitas Sebelas Maret Surakarta. (foto: Humas UNS)

TIMES TEMANGGUNG, SOLO – Kontingen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta sukses besar menyabet tiga medali emas pada gelaran International Virtual Pencak Silat Championship 2021. Dari keempat kategori yang dipertandingkan pada gelaran virtual yang berlangsung dari 17 hingga 19 Mei 2021 tersebut, perwakilan UNS memenangi tiga kategori yakni tunggal putri, regu putri, dan regu putra. Bahkan, kontingen B UNS juga meraih satu medali perak pada kategori regu putri dan satu medali perunggu kategori tunggal putri. 

Pada ajang yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-45 UNS itu, dua kontingen diturunkan UNS. Kontingen A menyabet tiga medali emas yang dipersembahkan tunggal putri (Anisa Nugraha Ningtyas), regu putri (Avona Rara Safitri, Mutiara Nurul Khotimah, Lintang Rikke Hapsari), dan regu putra (Ardan Syaifudin, Bayu Triono, Zulfikri Maulana Hafidz). Sementara itu, kontingen B menyabet satu medali perak dari kategori regu putri (Riska Indriaswuri, Hasna Salekha, Adelia Rahma Danty) dan satu medali perunggu dari kategori tunggal putri (Deboretta Indriaulia). 

Universitas Sebelas Maret 2

Raihan ini melebihi target yang ditetapkan Pembina UKM Pencak Silat UNS, Dr. Rony Syaifullah S.Pd., M.Pd.

"Ini melebihi target yang kami canangkan. Kami menargetkan dua emas dari juri internasional dan dengan penilaian objektif," ujar Dr. Rony, Kamis (20/5/2021).  

Prestasi ini tidak lepas dari kerja keras para atlet pencak silat UNS. Lebih lanjut, Dr. Rony menuturkan bahwa para atlet yang diterjunkan sudah mempersiapkan ajang ini selama dua bulan secara intensif. 

"Bahkan waktu Ramadan kemarin juga hampir setiap hari latihan. Dari 4 nomor yang dipertandingkan, UNS memenangkan tiga kategori. Satu emas yang lepas dari kita diperoleh atlet Thailand. Harapan kami tiga emas itu bisa berkontribusi pada pencapaian UNS terutama memenuhi IKU UNS," ungkapnya.

Universitas Sebelas Maret 3

Sebagai informasi, kompetisi International Virtual Pencak Silat Championship 2021 diselenggarakan UNS dengan hanya mempertandingkan nomor tunggal dan regu. Hal ini karena disesuaikan dengan kondisi pandemi yang membatasi interaksi fisik terutama untuk para atlet. Semua peserta pun tidak ada yang bertemu fisik karena semua penjurian didasarkan pada video yang dikirimkan. 

Kompetisi ini diikuti oleh 9 negara dengan 29 tim internasional dan 118 atlet yang terlibat. Sepuluh tim berasal dari luar negeri, sedangkan 19 tim lainnya dari Indonesia.  

Sejumlah perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi di International Virtual Pencak Silat Championship 2021, di antaranya Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Lampung, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Ivet Semarang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Surabaya dan sebagainya. Sementara itu, kesembilan negara terdiri atas Aljazair, Brunei Darussalam, Jepang, Singapura, India, Filipina, Thailand, Pakistan, dan Indonesia. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.