Pendidikan

Menag RI Resmikan Kampus dan Rumah Moderasi Beragama UIN Raden Fatah Palembang

Senin, 24 Mei 2021 - 20:32
Menag RI Resmikan Kampus dan Rumah Moderasi Beragama UIN Raden Fatah Palembang Menag Yaqut Cholil Qoumas saat memberikan sambutan di UIN Raden Fatah, Palembang. (Foto: Dokumentasi Kemenag)

TIMES TEMANGGUNG, PALEMBANGMenag RI Yaqut Cholil Qoumas hari ini melakukan kunjungan kerja ke Palembang, Sumatera Selatan. Peresmian Kampus Baru dan Rumah Moderasi Beragama Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Pelembang, menjadi agenda Menag dalam kunjungan kerja di Bumi Sriwijaya ini. 

Menag langsung bertolak ke Kampus UIN Raden Fatah di Jaka Baring, setibanya di Palembang pada pukul 09.40 WIB. Tak tampak ada penyambutan seperti pengalungan bunga atau pun tarian tradisional saat kedatangannya. Ini sesuai dengan Instruksi Menag yang melarang ada penyambutan berlebihan bagi pejabat Kemenag saat kunjungan kerja ke daerah.

Menag Yaqut Cholil Qoumas 2

"Ini universitas keren sekali. Saya sudah masuk beberapa UIN dan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) lainnya dan baru di UIN Raden Fatah ini yang membuat saya takjub," kata Menag saat peresmian, Senin (24/05/2021). 

Turut mendampingi Menag, Penasihat DWP Kemenag RI Eny Retno Yaqut dan Stafsus Wibowo Prasetyo, Rektor UIN Raden Fatah Prof. Dr. Nyayu Khodijah, Kakanwil Kemenag Sumsel Mukhlisuddin, Direktur Diktis Suyitno dan Plt Kepala Biro HDI Setjen Kemenag RI Yayat Supriyadi. 

Di kampus kebanggaan masyarakat Pelambang tersebut, Menag meresmikan kampus B UIN Raden Fatah Palembang yang pembangunannya bersumber dari Pinjaman Hibah Luar Negeri  Islamic Development Bank (IsDB). Pembangunan yang dilaksanakan selama dua tahun mulai 16 Oktober 2018 hingga 7 Oktober 2020 ini menelan biaya sekitar Rp 430 Miliar. 

Peresmian Kampus B yang terdiri dari 9 gedung baru UIN Raden Fatah Palembang itu ditandai penekanan sidik jari secara digital dan penandatanganan prasasti oleh Menag Yaqut. Turut mendampingi Rektor UIN Raden Fatah Palembang Nyayu Khodijah dan Gubernur Sumsel Herman Deru. 

Menag Yaqut Cholil Qoumas 3

Sembilan gedung baru yang berdiri megah di Kampus B UIN Raden Fatah Palembang ini terdiri dari: Kantor Pusat Administrasi (KPA), Laboratorium terpadu, Perpustakaan Pusat, dua gedung Fakultas Sains dan Teknologi, dua gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Fakultas Psikologi

"Model bangunannya tidak seperti biasa. Warnanya biru dan teduh. Saya berharap apa yang diperjuangkan Bu Rektor dan jajaran tidak sekadar membangun fisik melainkan juga membangun dan menyiapkan softwarenya," sambung Menag. 

Menag pun berharap bangunan megah kampus UIN Raden Fatah Palembang ini akan menjadi spirit bersama dalam membesarkan UIN kedepan tidak hanya di Sumsel melainkan di dunia internasional. 

Usai meresmikan sembilan gedung baru Kampus B dan Rumah Moderasi Beragama UIN Raden Fatah Palembang, kegiatan Menag RI Yaqut Cholil Qoumas dilanjutkan dengan meninjau Pelaksanaan UMPTKIN 2021 yang digelar secara daring.(*)

Pewarta : Ahmad Nuril Fahmi
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.