Pendidikan

Hebat...Prodi Komunikasi UMM Raih Sertifikasi Internasional AUN QA

Minggu, 30 Mei 2021 - 19:31
Hebat...Prodi Komunikasi UMM Raih Sertifikasi Internasional AUN QA Ilustrasi proses belajar mengajar di Prodi Komunikasi UMM (FOTO: Prodi Komunikasi UMM for TIMES Indonesia)

TIMES TEMANGGUNG, MALANG – Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi Komunikasi UMM) baru saja meraih sertifikasi internasional AUN QA (ASEAN University Network-Quality Assurance).

Hal ini merupakan satu-satunya Prodi Komunikasi kampus swasta di Indonesia yang memperoleh pengakuan secara internasional.

“Capaian kali ini merupakan yang terbaru. Sebelumnya, Prodi kami telah tiga kali berturut-turut memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Selain itu mahasiswanya juga terus mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” kata Kaprodi Komunikasi UMM, M Himawan Sutanto, Minggu (20/5/2021).

Himawan yang juga Sekjen Asosiasi Program Studi Komunikasi Seluruh Indonesia (ASPIKOM) itu mengungkap, diraihnya sertifikasi AUN QA setelah melalui proses yang cukup panjang. 

Bagi Komunikasi UMM, katanya, semua persyaratan sebenarnya sudah disebut memenuhi syarat tinggal secara administratifnya saja. Seperti pengumpulan berkas dan dokumen sebagai bukti pelaksanaan reformasi kurululum, tracing studi pada para alumni dan pemangku kepentingan, kerjasama dengan dunia industri dan dunia usaha. Serta kesesuaian antara visi misi dengan implementasi pembelajaran.

“Keunggulan kami salah satunya terletak di praktikum mahasiswa,” imbuh " ucap Ketua Umum Asosiasi Program Studi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (APIK PTMA) itu.

Proses Panjang AUN QA

Proses sertifikasi dimulai dengan penilaian berkas melalui Self Assesment Report (SAR) yang dikirim ke kantor pusat AUN QA. Selanjutnya dilakukan visitasi yang dilakukan secara remote (daring). 

Dua asesor, masing-masing Prof. Dr. Rosemary Seva dari De La Saile University, Filipina dan Asst Professor Suptcha Cheevapruk dari Mongkut’s University of Technology North Bangkok, Thailand melakukan pengecekan, baik di tingkat universitas, fakultas, maupun prodi.

Pada proses itu pula para asesor melakukan konfirmasi kepada tim SAR, pimpinan fakultas dan prodi. Selain itu juga dilangsungkan visitasi secara virtual ke beberapa lokasi tingkat universitas, seperti perpustakaan dan fasilitas-fasilitas lainnya. Disamping itu juga melakukan konfirmasi kepada para staf akademik untuk memastikan apa yang disampaikan di SAR benar adanya.

Tak berhenti sampai di situ, hasil visitasi juga dikrocek dengan berbagai pihak terkait. Seperti kepada mahasiswa, alumni, maupun pengguna alumni. Pengecekan ini untuk menyocokkan apakah ada kesesuaian luaran pembelajaran yang diharapkan dengan kurikulum yang disediakan. Juga tentang bagaimana cara mengevaluasi capaian tersebut.

Hasil akhir sertifikasi ini diperoleh setelah Prodi melakukan revisi dan pemenuhan berkas-berkas yang dinilai masih kurang lengkap. Namun demikian, sejak awal para asesor sudah menyatakan kepuasannya atas jawaban-jawaban para asesi.

“Alhamdulillah semua lega, Komunikasi UMM tersertifikasi AUN QA. Semoga ini menjadi titik awal yang baik kita akan melangkah ke internasionalisasi. Salah satunya dengan membuka kelas internasional,” ucap Himawan yakin. 

Rektor UMM, Dr Fauzan, bersyukur dengan bertambahnya prodi-prodi yang memperoleh sertifikasi internasional sesuai dengan harapannya untuk menjadikan UMM semakin mendunia. 

Selain Komunikasi, prodi di UMM yang juga memperoleh AUN QA adalah Pendidikan Biologi, Manajemen, Peternakan dan Psikologi. Sementara prodi Teknik Industri memperoleh sertifikasi internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). 

“Tidak ada pilihan lain, kita harus melangkah lebih tinggi dan jauh lagi agar rekognisi internasional ini semakin memperkuat tradisi akademik dan kinerja UMM dalam menjawab tantangan kekinian,” kata Rektor terkait Prodi Komunikasi UMM yang meraih Sertifikasi Internasional AUN QA. (*)

Pewarta : Mohammad Naufal Ardiansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Temanggung just now

Welcome to TIMES Temanggung

TIMES Temanggung is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.